Menjadi Pasangan Serasi ala Hukum III Newton

1 Jan 2012

Hukum III Newton berbunyi:

Jika suatu benda mengerjakan gaya pada benda lain maka benda lain akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan. Hukum ini dikenal sebagai hukum aksi reaksi.

Faksi = Freaksi

Faksi = gaya yang bekerja pada benda

Freaksi = gaya reaksi benda akibat gaya aksi

Hukum ketiga menyatakan bahwa tidak ada gaya timbul di alam semesta ini, tanpa keberadaan gaya lain yang sama dan berlawanan dengan gaya itu. Jika sebuah gaya bekerja pada sebuah benda (aksi) maka benda itu akan mengerjakan gaya yang sama besar namun berlawanan arah (reaksi). Dengan kata lain gaya selalu muncul berpasangan. Tidak pernah ada gaya yang muncul sendirian.

Mana yang datang dahuluan, gaya aksi atau gaya reaksi? Hal ini tidak perlu diperdebatkan, karena kedua gaya datang secara bersamaan. Mana gaya aksi atau mana gaya reaksi, juga tidak perlu diperdebatkan, karena kedua gaya tersebut merupakan gaya berpasangan.

Kita dapat melakukan percobaan untuk membuktikan Hukum III Newton. Tendanglah batu atau tembok dengan keras, maka kaki anda akan terasa sakit (jangan dilakukan). Mengapa kaki terasa sakit ? karena ketika kita menendang tembok atau batu, tembok atau batu membalas memberikan gaya kepada kaki kita, di mana besar gaya tersebut sama, hanya berlawanan arah. Gaya yang kita berikan arahnya menuju batu atau tembok, sedangkan gaya yang diberikan oleh batu atau tembok arahnya menuju kaki kita.

Ada empat syarat agar suatu gaya merupakan pasangan gaya aksi - reaksi. Syarat itu antara lain:

1. kedua gaya harus sama besarnya

2. kedua gaya memiliki arah yang berlawanan

3. Kedua gaya bekerja pada dua benda yang berbeda, dan

4. Garis gaya kedua benda adalah berhimpit.

Bagaimana hubungan Hukum III Newton dengan kehidupan sehari-hari kita? ternyata nyambung juga. Nah, simaklah kisah di salah satu kelas di suatu sekolah ini…

Di salah satu kelas di suatu sekolah, hiduplah tiga siswa yang namanya Ucup (cowok), Lucki (cowok), dan Adel (cewek), semua itu nama samaran. Ternyata diam-diam si Ucup naksir berat sama si Adel. Bagaimana caranya agar si Ucup merupakan pasangan yang serasi dari si Adel?

Menurut Hukum III Newton, ada empat syarat agar si Ucup merupakan pasangan yang serasi dari si Adel.

Syarat 1: Cinta Ucup harus sama besar dengan cinta Adel. Kalau cinta Ucup 100 L (L adalah satuan cinta), sedangkan cinta Adel hanya 50 L, maka si Adel akan bilang, ya … aku pikir-pikir dulu. Bagaimana cara si Ucup meningkatkan cinta Adel agar cintanya sama besar? maka si Ucup harus memberikan gaya eksternal pada si Adel. Misalnya dengan memberi bunga (kalau jaman dulu), membelikan pulsa, atau ngajarin fisika.

Syarat 2: Si Ucup harus naksir dengan berbeda jenis kelamin. Kalau si Ucup naksir si Adel itu sudah benar. Artinya tidak menyalahi kodrat, karena berbeda jenis yaitu cowok and cewek. Tetapi kalau si Ucup naksir si Lucki, itu menyalahi kodrat karena sejenis yaitu cowok and cowok.

Syarat 3: Kalau si Ucup naksir si Adel maka ada sesuatu yang bekerja dari dalam diri si Ucup. Orang Australia bilang There is something in my heart, orang India bilang Kuch kuch Hotahe, sedangkan orang Pacitan bilang aku tresno marang kowe. Sesuatu yang bekerja itu biasanya berupa selalu merasakan sesuatu pada si Adel. Sesuatu itu biasanya macem-macem, banyak rasa, tapi bukan rumus fisika lho ya.

Syarat 4: Si Ucup and si Adel harus memiliki visi/pandangan hidup yang sama atau berhimpitlah katanya Newton. Nah bagaimana kalau visi hidupnya berbeda? maka sekali lagi, perlu ada gaya eksternal yang cukup untuk menyamakan visi itu.

Nah, bagaimana dengan pasangan kalian apakah sudah memenuhi 4 syarat sebagai pasangan yang serasi?


TAGS Love


Comment
  • Tantyo Permadi 5 years ago

    ~Proses Jatuh Cinta Menurut Hukum Newton~
    Hukum 1 Newton : ?F=0
    Cewek yang kita sukai adalah Gaya Total bagi kita, kita selalu terdiam ketika bertemu dengannya,pada saat itulah hukum ?F=0 berlaku

    Hukum 2 Newton : ?F=m.a
    “Jika gaya total bekerja pada suatu benda, maka benda akan mengalami percepatan dimana arah percepatan sama dengan arah gaya total”
    Pada saat seorang cewek melakukan sesuatu untuk kita, mengobrol misalnya, sebagai gaya total yang bekerja pada suatu benda akan mengalami percepatan, percepatan pun akan kita rasakan di detak jantung kita.

    Hukum 3 Newton : F aksi=-F reaksi
    “Setiap benda yang memberi gaya tertentu akan mendapatkan gaya yang berlawanan dari yang diberikan olehnya”
    Ketika kita mulai jatuh cinta dan menyatakan perasaan kita, kita menjalin hubungan percintaan. Akhirnya hukum 3 newton berlaku setelah terjalin hubungan cinta, kita menjadi saling melengkapi, si cowok berkulit hitam,si cewek berkulit putih,si cowok pendiam, si cewek suka bicara,si cowok suka matematika dan fisika,si cewek suka sejarah dan bahasa indonesia. Maka terciptalah saling berlawanan tapi sekaligus menggenapkan dan menyempurnakan seperti hukum 3 Newton F aksi=-F reaksi

-

Author

Follow Me


Archive