Contoh Risalah Ilmiah OSN Guru

21 May 2012

aku-dan-pakde-karwo
Kepada Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan contoh Risalah Ilmiah untuk OSN Guru tingkat Nasional (karena hanya diminta bagi yang lolos ke tingkat Nasional) dapat mendownload file di bawah ini.

Contoh Risalah Ilmiah OSN Guru

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pendidikan memiliki peranan yang penting dalam pembangunan bangsa Indonesia. Berbagai kajian dan pengalaman menunjukkan bahwa pendidikan memberi manfaat yang luas bagi kehidupan suatu bangsa. Pendidikan mampu melahirkan masyarakat terpelajar dan berakhlak mulia untuk membangun masyarakat sejahtera.
Pemerintah Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia salah satunya diwujudkan dengan meningkatkan kompetensi guru. Berbagai cara dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru, termasuk SMA Negeri 1 Bangil.
Peningkatan kompetensi guru di SMA Negeri 1 Bangil dilakukan dengan cara: 1) memberi beasiswa S2 kepada guru-guru MIPA dan bahasa Inggris, 2) memberi kesempatan guru-guru untuk mengikuti MGMP dan Lesson Study di tingkat sekolah maupun kabupaten, 3) memberi kesempatan kepada guru-guru untuk mengikuti Seminar, Workshop, Lokakarya, Konggres dan Pelatihan-pelatihan. Selain itu, guru fisika dan matematika pada tahun ini mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi OSN guru.
Bagi kami, mengikuti OSN guru merupakan kesempatan emas. Selama ini kami hanya bertindak sebagai motivator dan fasilitator pada OSN. Tahun ini kami mendapat kesempatan menjadi aktor OSN, merupakan kesempatan yang luar biasa. Inilah saatnya bagi kami untuk membuktikan kapabilitas kami sebagai guru yang dapat digugu dan ditiru.
Sejak tahun 1993 saya menjadi guru fisika di SMA Negeri 1 Bangil dan membina OSN fisika sejak tahun 1998. Setiap even OSN digelar, hampir di setiap mata lomba siswa kami lolos di tingkat kabupaten. Ironisnya, belum pernah sekalipun siswa kami lolos seleksi ke tingkat propinsi. Tepatnya siswa kami adalah jago kandang.
Perasaan yang tidak dapat dilukiskan dengan kalimat, ketika SMS Panitia OSN berdering pada Kamis, 11 Agustus 2011, antara percaya dan tidak. Subhanalloh. Puji syukur kehadirat Illahi atas segala rahmad dan nikmat Nya yang terus bertambah. Saya menjadi kontestas lima besar Jawa Timur untuk berangkat ke Menado. Berkumpul untuk berkompetisi dengan guru-guru terpilih dari seluruh tanah air adalah mimpi saya. Mimpi yang akan menjadi kenyataan.

Semoga keberangkatan saya dalam mengikuti seleksi OSN guru fisika tingkat Nasional di Manado membawa berkah dan hikmah, terutama menjadi inspirasi bagi siswa kami untuk dapat mengikuti OSN sampai tingkat nasional, bahkan internasional dan menjadi motivasi bagi guru- guru SMA Negeri 1 Bangil untuk meningkatkan kompetensi dan tanggung jawab sebagai pembina OSN.

B. Tujuan Mengikuti OSN Guru Fisika
Tujuan mengikuti OSN guru fisika antara lain sebagai berikut:
1. mengukur kompetensi guru-guru pembina OSN.
2. mengetahui teknik membina OSN di sekolah-sekolah dan memberi motivasi kepada siswa agar dapat berhasil lolos seleksi sampai tingkat Nasional, bahkan Internasional melalui sharing dengan guru-guru pembina OSN se Indonesia.
3. menggali dan mentransfer materi OSN sebagai modal untuk mengantarkan siswa mengikuti OSN sampai tingkat Nasional, bahkan Internasional.
….

C. Manfaat Mengikuti OSN Guru Fisika
Manfaat mengikuti OSN Guru Fisika antara kain sebagai berikut:
1. mengetahui kompetensi guru pembina OSN.
2. memperoleh informasi tentang teknik membina OSN di sekolah-sekolah dan memberi motivasi kepada siswa agar dapat berhasil lolos seleksi sampai tingkat Nasional, bahkan Internasional melalui sharing dengan guru-guru pembina OSN se Indonesia.
…..

BAB II
KEUNGGULAN SEBAGAI GURU FISIKA

A. Pembelajaran Fisika yang Pernah Dilakukan
1. Metode Eksperimen Virtual pada Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah (PBL) Dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa.

……….

Mohon maaf karena tidak saya tampilkan semua Risalah Ilmiah yang pernah kami tulis untuk OSN Guru Fisika tahun 2011 di Menado. Secara lengkap Contoh Risalah Ilmiah OSN Guru dapat di download di bawah ini.

Download Contoh Risalah Ilmiah OSN Guru


TAGS Risalah Ilmiah OSN Guru


Comment
  • ayobelajarfisika 4 years ago

    Untuk mas Ujang,
    Pada OSN Guru Fisika 2011 di Manado, presentasi pembelajaran berupa soalah-olah kita mengajar dengan materi tes Eksperimen. Penilainya ada 2 orang.
    Terima kasih

  • Nur Sumiyarsih 4 years ago

    Maaf pak, no hp saya yg benar 085756397689

  • Nur Sumiyarsih 4 years ago

    Pak, boleh saya menelpon bapak untuk menimba pengalaman apa saja terkait OSN guru tingkat nasional, karena alhamdulillah kebtulan tahun ini saya juga akan menjadi salah satu peserta OSN tingkat nasional,Insya Alllah.. kalau bapak bersedia mohon sma di no saya ya pak…nanti saya telp. ini no saya :085756397639.
    Maaf ya pak…kalau ngrepoti..

  • ujang 4 years ago

    Thanks for contoh risalahnya. Saya mau tanya pa, selain test teori dan praktek, sy pernah baca ada presentasi media pembelajaran. U presentasi materi nya kita pilih sendiri atau diundi? thanks.

  • Dermawan 5 years ago

    Terimakasih contoh risalahnya. Boleh tanya : apa saja kegiatan yang harus diikuti/dilakukan ketika mengikuti OSN guru. Tahun ini saya menjadi salah satu peserta osn guru fisika. terimakasih

  • kamrani 5 years ago

    mohon izin nyedot risalah OSN anda, saya baru mau ikut tingkat kabupaten, eh disuruh bikin risalah, ga pernah terpikir n binggung… terimakasih anda menyediakan risalah anda…

  • ayobelajarfisika 5 years ago

    Buat Adi: Boleh hanya satu metode pembelajaran saja. Kalau metode pembelajaran yang anda gunakan adalah hasil pengembangan dari anda sendiri, itu jauh lebih baik

  • eti herawati 5 years ago

    Matur nuwun sanget, saya butuh sekali risalah akademik ini. Mudah-mudahan kita bisa share. No hp saya 08122477364

  • Adi 5 years ago

    Mau tanya, pada risalah akademik kira-kira semua item pada format penulisan harus diisi semua atau boleh 1 saja tapi spesifik, misal saya mengembangkan sebuah metode begitu. Terimakasih.

  • ayobelajarfisika 5 years ago

    benar, Risalah Ilmiah untuk OSN Guru diperuntukkan bagi guru yang lolos seleksi OSN tingkat Propinsi. Sedangkan soal-soal OSN Tingkat Propinsi antara lain materi bidang studi yang tingkat kesulitannya sedikit dibawah soal OSN tingkat Propinsi Siswa dan Teori-teori Pembelajaran. Semoga sukses …

  • Aulia 5 years ago

    Trims atas postingx jd bermanfaat untuk saya yg masih pemula. oh ya risalah akademik itu berarti dibuat hanya untuk guru yg lolos seleksi tingkat nasional y?

-

Author

Follow Me


Archive